Minggu, 24 November 2013

Menanam Pohon Jabon, Bagaikan Menanam Emas Batangan

Maaf ya sob, judulnya agak lebay. bukan agak lebay sih, memang lebay banget malah ..  z z z z .. :v.. peace, setelah baca artikel ini, dijamin tertarik dengan bertanam pohon jabon.

Ada yang sudah tau pohon jabon? ah yang bener udah tau?? .. apaa,, ciuuz blum tau?? .. hihii,, plaaak (kena tampar). yuuk, kita bahas secara seriuus oke.. :serius mode on
 
ini penampakan pohon jabon, itu bukan bapak ane ya,, -_- :v sumber :google

Jabon adalah sebuah pohon yang tumbuh di wilayah asia. Pohon ini terdapat di wilayah asia selatan hingga papua nugini. Di Indonesia, pohon ini juga dikenal sebagai jabun, kelampayan, empayang, atau worotua. ada yang bilang jabon itu kepanjangan dari jati bongsor .. hehe.. ada ada aj.
 
Berikut ciri-ciri pohon jabon :
  • Jabon adalah Tanaman Kayu Keras yang cepat tumbuh, Tanaman Jabon termasuk famili Rubiaceae ini tumbuh baik pada ketinggian 0 – 1000 meter dari permukaan laut, pada jenis tanah lempung, podsolik cokelat dan aluvial lembab yang umumnya terdapat di sepanjang sungai yang ber-aerasi baik.
  • Jabon adalah jenis pohon cahaya (light-demander) yang cepat tumbuh. Pada umur 3 tahun tingginya dapat mencapai 9 M dengan diameter (garis tengah ingkar batang) 11 cm. Pada usia antara 5 dan 6 tahun lingkar batangnya bisa mencapai 150 cm (diameter 40 cm sampai 50 cm), diameter pertumbuhan antara 5 cm sampai 10 cm/tahun. Pohon Jabon yang tumbuh dihutan pernah ditemukan mencapai tinggi 45 M dengan diameter lebih dari 100 cm.
  • Bentuk tajuk tanaman jabon seperti payung dengan sistem percabangan melingkar, daunnya tidak lebat, batang lurus silindris dan tidak berbanir dengan tingkat kelurusan yang sangat bagus.
  • Batangnya bebas cabang sampai 60% dari keseluruhan tinggi batang, cabang rontok sendiri (self purning).Warna kayunya putih krem (kuning terang) sampai sawo kemerah-merahan.
  • Kayunya mudah dikeringkan, mudah dipaku dan di lem, susutnya rendah. Sangat mungkin dimanfaatkan oleh Industri Furniture, Plywood / Kayu Lapis, Batang Korek Api, Alas Sepatu, Papan, Peti, bahan kertas Kelas Sedang.
  • Pohon Jabon usia 6 tahun sudah dapat di panen.
Sekarang kita udah tau apa itu pohon jabon, sekarang kita fokus bahas ke judul. Ada banyak sekali jenis investasi di luar sana mulai dari investasi Emas, Properti, Waralaba, Saham, Valas, dll. Akan tetapi, bukan investasi itu semua yang kita bahas, melainkan investasi di bidang Agribisnis perkebunan kayu jabon / pohon jabon dimana dengan modal minimal dan waktu yang cukup singkat dengan tingkat resiko yang rendah, kita bisa menikmati keuntungan hingga lebih dari 500% 
 
mulai tertariiik kaaan .. :).. lanjuuut .. 
 
KENAPA INVESTASI DI BIDANG KAYU?

FAKTA:
  1. Kayu adalah komoditas terbesar ketiga yang diperdagangkan di dunia setelah minyak mentah dan gas (200 milyar € / tahun)
  2. Komoditas Kayu tidak terpengaruh oleh inflasi, ketika harga turun maka bisa menunda masa panen.
  3. Kenaikan rata-rata komoditas kayu minimum 10% / tahun
  4. Deforestasi besar-besaran terjadi di dunia, hutan alam tropis kira-kira seluas lapangan bola hilang setiap hari dan mencapai total 13 juta hektar per tahunnya. Sehingga dengan anda menanam kayu, anda turut melakukan perubahan yang dimulai dari diri anda sendiri sembari berbisnis.
KESIMPULANNYA ADALAH: INVESTASI KAYU JELAS PASTI MENGUNTUNGKAN

Namun yang jadi pertanyaan besar adalah :

BUKANNYA INVESTASI KAYU SUSAH? BAGAIMANA DENGAN PERIZINAN
dan apakah tidak ILLEGAL LOGGING?
Dapat dipastikan bahwa kebutuhan kayu semakin hari akan terus bertambah, tetapi jumlah kayu di hutan alam semakin hari semakin terus berkurang diakibatkan karena semakin maraknya illegal logging, maka dari itu pemerintah mengeluarkan kebijakan larangan penebangan kayu dari hutan alam.

Mungkin sobat berpikir bahwa sama juga bohong kalau ane jelaskan panjang lebar tentang kelebihan dari investasi kayu namun kita sudah sulit atau bahkan tidak bisa menebang kayu dari hutan alam? Jangan khawatir! Ada kabar gembira buat kita semua, pemerintah telah menerbitkan PP no.6 tahun 2007 yang inti isinya adalah mengenai HTR ( Hutan Tanaman Rakyat), dimana ada HTR pola mandiri dan untuk jenis HTR diberikan kebebasan untuk memilih jenis tanamannya, namun disarankan untuk menanam tanaman dengan umur pendek sekitar 8 tahun dan memiliki nilai ekonomis yang tinggi serta mudah dalam pemasarannya.

 ini sob, penampakan pertumbuhan pohon jabon dari 1 bulan sampai siap panen .. (y)

Harga Beli Jabon update 1 Oktober 2013 di Gresik Jatim
potongan 105 cm diameter 20 cm up Rp. 1,05jt/m3
potongan  205 cm diameter 20 cm up Rp. 1,15jt/m3

Syarat :
Kupas
Tidak ada mata
Tidak blue stain
Tidak Bengkok
Nota Angkutan
DHH / DKB tidak global

Estimasi harga kayu jabon tahun 2018
1Diameter 30-39 cmRp 1.365.000,-
2Diameter 40-49 cmRp 1.495.000,-
3Diameter > 50 cmRp 1.575.000,-


Untuk analisis labanya ane nemu tabel yang sangat sederhana ini, tapi kalo ada yang pengen lebih detail lagi cari sendiri di google ya,, oke


bagaimana, tertarik menanam pohon jabon di kebun anda sob. Ingat, kunci sukses itu adalah FOKUS dan TIDAK PERNAH PUTUS ASA. demikian juda dengan usaha perkebunan ini. selamat mencoba.

sumber : dari berbagai sumber + tulisan ane sendiri .. hihiii


Tidak ada komentar:

Posting Komentar